min 1 FUNGSI PENILAIAN BERBASIS KELAS | اَهْــــلاً وَ سَــــهْــلاً اَيُّــــهَا الْإِخْـــــوَى فِى اللهِ
Headlines News :
Home » » FUNGSI PENILAIAN BERBASIS KELAS

FUNGSI PENILAIAN BERBASIS KELAS

Written By Azdyana Ansud on Kamis, 27 Februari 2014 | 17.50.00

Fungsi Penilaian Berbasis Kelas sangat penting. Penilaian berbasis kelas ini merupakan salah satu metode penilian yang cukup efektif dalam menilai perkembangan kemampuan belajar siswa. Penilaian berbasis kelas memiliki fungsi sebagai berikut:
Motivasi
Penilaian yang dilakukan oleh guru di kelas harus mendorong motivasi peserta didik untuk belajar. Bentuk latihan tugas dan ulangan harus dirancang dengan baik sehingga siswa dapat terdorong untuk belajar dan merasa kegiatan tersebut menyenangkan dan menjadi kebutuhannya.
Belajar Tuntas
Penilaian di kelas harus diarahkan untuk memantau ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar menjadi fokus dan perancangan materi yang dicakup setiap kali guru melakukan penilaian.
Indikator Efektifitas Pengajaran
Penilaian kelas dapat digunakan untuk melihat seberapa jauh proses belajar mengajar telah berhasil. Apabila sebagian besar atau semua siswa telah menguasai sebagian besar atau semua kemampuan yang diajarkan, maka kesimpulannya penilaian berbasis kelas telah berhasil sesuai dengan rencana. Tetapi apabila guru menemukan hanya sebagian siswa saja yang menguasai kemampuan yang ditargetkan, maka guru perlu melakukan analisis dan refleksi mengapa hal ini terjadi dan apa tindakan yang harus guru lakukan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran.
Umpan Balik
Umpan balik adalah informasi tentang yang diberikan kepada peserta didik tentang kemajuannya ke arah pencapaian tujuan-tujuan pengajaran.
Setiap hasil penilaian harus dianalisis oleh guru sebagai bahan umpan balik bagi siswa dan guru itu sendiri. Umpan balik hasil penilaian harus sangat bermanfaat bagi siswa agar siswa mengetahui kelemahan yang dialaminya dan mencapai kemampuan yang diharapkan dan siswa diminta melakukan latihan atau pengayaan yang dianggap perlu, baik sebagai tugas individu maupun kelompok. Analisis hasil penilaian juga berguna bagi guru untuk melihat hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam penilaian berbasis kelas.
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Printfriendly