min 1 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI KERJA | اَهْــــلاً وَ سَــــهْــلاً اَيُّــــهَا الْإِخْـــــوَى فِى اللهِ
Headlines News :
Home » » FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI KERJA

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI KERJA

Written By Azdyana Ansud on Jumat, 28 Februari 2014 | 18.21.00

Ada beberapa Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja. Prestasi kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk mengidentifikasi keseluruhan faktor yang mempengaruhi prestasi kerja merupakan suatu upaya yang tidak mudah. Secara umum prestasi kerja melibatkan unsur individu (psikis dan fisik) dan lingkungan. Adanya perbedaan antara prestasi kerja antara karyawan dengan karyawan yang lain dipengaruhi oleh perbedaan faktor psikis dan fisik (As'ad, 2001). Termasuk perbedaan faktor fisik adalah bentuk badan dan komposisinya, taraf kesehatan fisik pada umumnya dan taraf kemampuan panca indra, sedangkan yang termasuk faktor psikis adalah intelegensi, bakat minat, kepribadian, motivasi, dan pendidikan. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi prestasi keija misal; metode kerja, pengaturan dan kondisi perlengkapan kerja, penataan ruang kerja, kebijaksanaan, perusahaan, perlengkapan kerja, jenis pelatihan, hubungan dengan teman sekeija dan sebagainya.
Prestasi ketja juga merupakan salah satu kriteria keberhasilan seorang pekerja serta keberhasilan suatu perusahaan baik yang bergerak di bidang produksi maupun jasa. Keberhasilan suatu perusahaan dalam hal ini adalah usaha untuk mengembangkan perusahaan, tidak hanya tergantung pada fasilitas serta pengolahan manajemen yang baik tetapi juga ditentukan oleh pekerjaan itu sendiri (Marlina,1983).
Prestasi kerja juga dipengaruhi oleh proses belajar (learning), kemampuan persepsi dan motivasi (Ivancevich dan Glueck,1989). Karakteristik kepribadian salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi kerja. Hasil penelitian Holland (dalam Cahyani,1995) menujukkan bahwa individu dengan tipe kepribadian tertentu lebih berhasil jika dibandingkan dengan individu yang mempunyai tipe kepribadian lain dalam suatu pekerjaan yang sama. Sekelompok individu dalam suatu jenis pekerjaan tertentu ternyata mempunyai kesamaan dalam beberapa ciri dan karakteristik kepribadian (Cahyani,1995).
Perbedaan antara faktor pribadi dan lingkungan berpengaruh terhadap pemilihan jabatan, prestasi kerja, stabilitas pribadi, dan performansi kreatif. Mmat dan kencenderungan dalam pemilihan suatu pekerjaan merupakan salah satu pernyataan dari kepribadian. Perpaduan antara faktor pribadi dan lingkungan berpengaruh terhadap pemilihan jabatan, prestasi kerja, stabilitas pribadi, dan performansi kreatif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor individual (psikis dan fisik) dan faktor lingkungan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja. (E-Jurnal)
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

Printfriendly