GuidePedia

0

Hasil Evaluasi Kurikulum 2013 - Setelah berhari-hari bekerja, akhirnya Tim Evaluasi Kurikulum 2013 yang dibentuk Kemendikbud menghasilkan beberapa opsi. Opsi tersebut rencananya akan segera dilaporkan seutuhnya kepada Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Tim yang diketuai guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Suyanto itu, berencana melaporkan hasil revisi Hasil Evaluasi Kurikulum 2013 Rabu besok (3/12).


infoguruterbaru.com
infoguruterbaru.com
Tim evaluasi yang dibentuk beranggotakan Romo Baskoro dari Yayasan Pendidikan Kanisius, mantan ketua Pusat Kurikulum dan Perbukuan Diah Harianti, Prof. Said Hamid Hasan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Hendra Gunawan dari ITB, Sugito dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ketua Unit Implementasi Kurikulum Tjipto Sumadi, Sururi Azis dari Ikatan Guru Indoneia (IGI), pelatih guru independen Weilin Han, dan Prof. Udin Winataputra dari Universitas Terbuka. Dalam evaluasi yang sudah dilakukan muncul tiga opsi dalam revisi kurikulum 2013.

Opsi yang pertama adalah menghentikan total impelemntasi K13. Opsi kedua adalah sekolah yang selama ini nyaman dan tidak bermasalah menjalankan K13, diputuskan tetap menjalankannya. Sedangkan sekolah yang keberatan karena balum siap, kembali menerapkan kurikulum lawas (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP).Sedangkan opsi yang ketiga adalah menjalankan K13 sama seperti saat ini, yakni untuk semua unit sekolah di Indonesia. Namun ada beberapa evaluasi dalam pemelaksanaannya. Seperti pengadaan buku dan pelatihan guru.

Dari tiga opsi tersebut nantinya opsi berapa yang dipilih, itu adalah wewenang Mendikdasmen. Sementara Mendikbud Anies Baswedan sampai saat ini belum menentukan dari tiga opsi tersebut. Beliau masih menanti laporan secara utuh dari Tim Evaluasi Kurikulum 2013 . 

Semoga saja Tim Evaluasi yang dibentuk benar-benar bisa memberikan laporan yang utuh secara menyeluruh tentang pelaksanaan Kurikulm 2013 ini. Baki sekolah di kota maupun di daerah-daerah pelosok negeri. Semoga hasil Evaluasi dari Tim bisa mencerminkan seutuhnya kenyataan yang ada di lapangan.   
Share: http://www.infoguruterbaru.com

Posting Komentar

Printfriendly

 
Top