GuidePedia

0
Logo Gawat Sampah Min1 Kolaka Utara 2018
Lasusua, (Min1KolakaUtara) -- Hari ini Sabtu, 1 September 2018 para anggota "Gerakan Siswa Pungut Sampah Pada Madrasah (Gawat Sampah) terus berjibaku dengan ikhlas dan penuh kesadaran tinggi untuk mengutip/memungut sampah-sampah yang berserakan di halaman madrasah. 

Sebelumnya, Penulis pernah membuat satu Organisasi pada Min1 tahun 2013/2014 lalu terkait kegiatan kebersihan madrasah dengan membentuk Petugas/Pengurus OSPEK (Organisasi Siswa Pecinta Kebersihan) dengan uraian tugas yang terskematis sama seperti waktu Penulis menggagasnya saat menjadi Guru Honorer di SD Negeri 3 Lamokato Kolaka Tahun 2007/2008 silam, dan hasilnya pun positif, namun karena berbagai kesibukan dan kegiatan Organisasi OSPEK pada Min1 ditambah lagi adanya tenaga Cleaning Service 2 Orang pada Min1 waktu itu, sehingga akhirnya Penulis pun mengakhiri Organisasi tersebut. Hehehe...Begitulah Ceritanya..!! Next ...

Kegiatan Gawat Sampah sendiri merupakan akronim dari ''GERAKAN SISWA PUNGUT SAMPAH PADA MADRASAH'' dan merupakan gagasan/ide Penulis sendiri, dimana sejak Min1 tidak lagi memiliki tenaga Cleaning Service seperti tahun sebelumnya ternyata sangat memberikan dampak/pengaruh yang signifikan, ditambah lagi kesadaran para siswa terhadap pentingnya membuang sampah pada tempatnya masih terbilang sangat rendah sehingga berdampak pada kondisi madrasah yang sedikit kurang nyaman dan asri dipandang seperti sedia kala. 

Perlu diketahui, Jika pada hari-hari efektif belajar biasanya para Guru piket bahkan Kepala Madrasah pun harus terlibat aktif dalam mengarahkan para siswa untuk memelihara kebersihan madrasah setiap pagi sebelum apel dimulai, saat jam istirahat maupun saat pulang sekolah, namun berbeda halnya sejak Gebrakan Gawat Sampah ini diterapkan pada semua siswa Min1 (terhitung sejak 26 Agustus 2018) kondisi madrasah pun selalu nampak bersih dan asri tanpa harus dikomando, ditegur, disuruh oleh guru, bahkan terlihat dari sikap siswa yang dengan legowo meminta kepada temannya agar sisa sampah makanannya diberikan kepadanya untuk dimasukkan ke dalam kantong kresek plastiknya, ada yang memungut sampah lalu membuangnya di tong sampah dan sebagian juga ada yang menegur temannya jika tanpa sengaja/sengaja membuang sampah sembarangan dengan mengutip Nasehat dari Penulis saat Apel dengan berkata: "Membuang sampah sembarang itu kata Pak Guru sama halnya membuang Pahala, dan Orang yang memungutnya Insyaallah yang akan mendapat Pahala". Hehehe...(Motivasi Anak)

Polanya sangat sederhana, setiap hari siswa secara sukarela atau berkala tanpa paksaan melaporkan sampah yang telah dikumpulkan kepada penulis ataupun masing-masing wali kelas untuk di data dalam Buku Kontrol Harian. Lalu, sampah yang telah dilaporkan tersebut wajib/harus langsung dibuang ke TPA madrasah. Setiap siswa Gawat Sampah hanya melapor sekali dalam sehari (Boleh di pagi hari sebelum masuk kelas, disela-sela jam istirahat atau pada jam pulang sekolah). 

Alhamdulillah, Program Gawat Sampah ini mendapat respon positif dari kalangan guru dan Kamad yang dengan tangan terbuka siap berkontribusi, berpartisipasi aktif dalam mengawal, menjaga dan mendukung kegiatan dimaksud. Dengan demikian, harapan dan hasil dari kegiatan Gawat Sampah ini tentunya akan mendapat Apresiasi dari Madrasah/Guru/Kepala Madrasah dalam memberikan Reward berupa P3K (Piagam Penghargaan Peduli Kebersihan) bahkan Trophy Insyaallah kepada siswa-siswi yang benar-benar konsisten dengan laporannya tentunya. 
Sampai tulisan ini dibuat, jumlah anggota Gawat Sampah adalah semua siswa-siswi MIN1 yang tersebar mulai dari kelas rendah sampai kelas tinggi.

Mari, anak-anak dan segenap keluarga besar MIN1, bersama kita membangun dan menjaga lingkungan Madrasah agar tetap Asri, Sejuk dan Elok dipandang mata dengan gagasan-gagasan/inovasi kekinian. 
NB: "Innallaaha Jamiilun Yuhibbul Jamaal", "Annadzoofatu Minal Iimaan"_ansud's
Berikut Screenshoot Kegiatan Gawat Sampah Min1
Aku Bangga Jadi Anak yang Selalu Menjaga Kebersihan Madrasahku


Posting Komentar

Printfriendly

 
Top