GuidePedia

0

Suasana Pembukaan KKG; Published ansud/all's well
Lasusua, (MIN 1 Kolut)-- Belum lama ini MIN 1 Kolaka Utara bersama dengan anggota KKM melakukan Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan semangat mengajar dan belajar para guru untuk terus berbenah dan berkarya, dengan demikian melalui kegiatan ini diharapkan para guru nantinya akan dibekali muatan-muatan materi yang erat hubungannya dengan pekerjaannya. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kemenag Kab. Kolaka Utara dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasi Penma Kemenag Kolut Bapak Rimbu, S. Pd, yang didampingi oleh Kamad Min 1 Bpk. Muh. Jafar Shiddiq, S.Pd.I, beliau mengatakan bahwa untuk menjadi guru itu sangatlah mudah tapi untuk memikul dan menjalankan tanggungjawab penuh sebagai seorang guru itulah yang merupakan hal tersulit, karena seorang guru itu akan selalu Diguguh dan Ditiru oleh warga disekitarnya.Selain ini beliau juga mengamanatkan dalam sambutannya bahwa menjadi guru itu harus benar-benar memahami dan menguasai betul 4 kompetensi guru, yakni:
1. Kompetensi Pedagogik meliputi kemampuan untuk merumuskan, merancang, melaksanakan,  mengevaluasi hasil belajar dan tindak lanjut.
2. Kompetensi Kepribadian, yakni kemampuan yang mampu mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik.
3. Kompetensi Profesional, yakni Guru harus mampu menguasai dan memahami materi pembelajaran secara luas dan mendalam.
4. Kompetensi Sosial, yakni Guru harus mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan warga sekolah baik guru, atasan, peserta didik dan lainnya. (tambahnya).

Kegiatan KKG ini berlangsung selama 3 hari (Jumat-Ahad), dengan jumlah peserta KKG lingkup KKM MIN 1 se-Kab. Kolut yang hadir sebanyak 32 orang, dengan menghadirkan narasumber (Kasi Penma Kemenag Kolut dan Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Sultra, Bapak Dr. Ahmad Tanaka, S. Ag., S. Pd., M. Pd. Dalam Kegiatan tersebut titik fokus materi yang diurai/jelaskan dan dipraktekkan adalah mekanisme dan prosedur pembuatan Dokumen 1 Kurikulum 2006 dan 2013. (ansud/all's well).

Berikut Screenshoot dokumentasi pasca kegiatan KKG lingkup KKM MIN 1 Kolut:

Foto Bersama dan Saat Kegiatan KKG Dibuka Olah Kasi Penma Kemenag Kolut didampingi Oleh Kamad Min 1 (Muh. Jafar Shiddiq, S.Pd.I)
Suasana saat pembukaan KKG berlangsung
Foto Bersama dan Saat Penjelasan Materi oleh Kasi Penma)
Suasana saat para peserta belajar kelompok membuat Dokumen 1 Kurikulum 2006-2013
Foto Bareng with pemateri Kasi Penma dan Kasi Kur-Vasi Sultra Bpk. Dr.Ahmad Tanaka, M.Pd
Suasana saat Kasi Kur-Vasi Sultra menjelaskan materi SOP Pembuatan Dokumen 1 Kurikulum 2006-2013

Posting Komentar

Printfriendly

 
Top