GuidePedia

0

Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016

RPP merupakan administrasi wajib bagi seorang guru sebagai rencana dalam melakukan pembelajaran sehari-hari. Dalam pembuatan RPP tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. Pada penyusunan RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2016, guru harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, misalnya apa itu RPP, bagaimana prinsip-prinsip penyusunannya, apa saja komponennya, dll. 

Lalu bagaimana penyusunan atau pembuatan RPP yang benar pada kurikulum 2013 setelah direvisi di tahun 2016 ini? Perlu diketahui bahwa penyusunan RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 harus mengikuti Permendikbud nomor 53 tahun 2015 dimana terdapat aturan terbaru yang sudah final, sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran intredisipliner, Intradisipliner, Multidisipliner dan Transdispliner.


Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran
2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan
3. RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
5. RPP mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.    Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
6. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik. Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Selengkapnya unduh Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 disini :

Posting Komentar

Printfriendly

 
Top