GuidePedia

0
Peserta OSP Delegasi Kab. Kolaka Utara 2019
Salam Pembelajar.!!
Lama tidak menulis nih😁. Kali ini alls well akan berbagi sedikit cerita tentang eksistensi siswa MIN 1 Kolut di ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tk. Provinsi Sulawesi Tenggara 2019 yang baru saja dihelat beberapa hari yang lalu.

KHAISYA MALIHA IWAN K. Yah, itulah sosok siswa yang telah berkontribusi aktif dalam kompetisi tahun ini. Ananda salah satu dari 3 orang rekannya yang ikut bersaing pada mata pelajaran IPA-SD/MI pada level Provinsi.

Karir OSN/KSM ananda pun terbilang mumpuni, walau termasuk penampilan perdana diajang OSN, Namun ananda mampu bersaing dengan rekan-rekannya di Madrasah maupun pada level Kecamatan dan Kabupaten. Mengapa tidak, Berawal dari seleksi yang diikutinya pada tingkat MIN 1 dan Grup Bimbel Sains yang menempatkan Dirinya sebagai The Winner dan diikuti oleh dua rekannya yakni Ananda Syifa dan Wildan untuk maju mewakili MIN 1 dalam kompetisi OSN Tk. Kecamatan Lasusua Februari lalu.

Namun sayangnya, Pasca Kompetisi Tk. Wilayah/Kecamatan tersebut yang diikuti oleh seluruh perwakilan SD/MI di Kec. Lasusua kurang lebih 100 orang, Ananda Wildan harus kandas dan tereliminasi. Sedangkan Ananda Khaisya dan Syifa melaju ke Tk. Kabupaten dan posisi saat itu MIN 1 Kolut memimpin (JUARA 1).

Berbagai upaya dan persiapan terus dilakukan dalam rangka meloloskan ananda berdua pada level provinsi. Mulai dari Bimbel intensif (daring online maupun offline), latihan soal dan mengikuti  kegiatan karantina yang difasilitasi oleh panitia kabupaten. 

Namun, takdir berkata lain pasca kompetisi di Tk. Kabupaten diumumkan pada tanggal 8 Maret lalu dihadapan Ka.Dinas Pendidikan Kolut, Kepala Sekolah, Guru Pendamping dan para peserta OSK. Dimana dari dua siswa MIN 1 yang ikut berkompetisi, Alhamdulillah MIN 1 kembali Memimpin sebagai (JUARA 1). Namun sayangnya Ananda Syifa juga harus kandas dan terhenti. 

Kendati demikian, MIN 1 Kolut masih memiliki asa. Walau Ananda pemain tunggal ditengah tengah  siswa SD yang mayoritas tidak membuat ananda bergeming apalagi menyerah. Hal ini terbukti dengan hasil yang memuaskan ditambah lagi ananda dan pembimbing saat itu sempat berdiskusi dan mendapat wejangan positif dari Dosen pelatih ananda saat karantina disela-sela closing ceremony.. heheh.. Lumayan buat pembangkit semangat dan motivasi.

Dan pada tanggal 27 sd 29 Maret lalu ananda kembali berangkat menuju ibukota provinsi untuk berkompetisi pada level yang lebih tinggi dengan membawakan nama baik madrasah dan Kabupaten Kolut. 
Walhasil, sebelum berkompetisi terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang harus diikuti. Salah satunya bimbel kilat sebagaimana saat di kabupaten. 

Adapun tempat kegiatan dilakukan bertempat di Hotel Ataya Kendari. Yang diikuti oleh 17 Kabupaten Kota dengan perwakilan masing-masing 3 orang peserta perbidang studi. Wooww lumayan banyak juga  yah. Perjuangan hidup mati pun dimulai dalam rangka memperebutkan 1 tiket lolos ke level Nasional Akhir Juni mandatang. 

Akhirnya, semua rangkaian lomba telah ananda ikuti dengan baik. Walau ananda Perdana dilayar OSN namun ananda sudah pernah mengikuti ajang serupa saat duduk dibangku kelas 4 MI yakni KSM yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama 2018 lalu. Hasilnya saat itu ananda JUARA 1 di Kabupaten Kolut dan JUARA 3 di Tk. Provinsi Sultra. 

Acara OSP pun dah usai. Info yang berkembang bahwa pengumuman Hasil OSP akan diumumkan pada portal resminya Minggu kedua di Bulan Mei mendatang dan Semoga Ananda dapat Lolos dan Berhasil Melaju ke Level Nasional Insyaallah Aamiin.
Kini saatnya Ananda kembali fokus pada ajang berikutnya KSM yang akan dihelat dalam waktu dekat Insyaallah.

(Pembina OSN/KSM-IPA MIN1)
ANSUD, S. Pd







Posting Komentar

Printfriendly

 
Top