GuidePedia

0
اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Assalamu'alaikum Wr.Wb. MIN 1 Kolaka Utara telah melaksanakan "Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017" di halaman Madrasah pagi tadi. Upacara dipimpin langsung oleh Kamad MIN 1 Bapak Muh. Jafar Shiddiq, S.Pd.I dihadiri oleh seluruh Dewan Guru, Staf dan Para Siswa MIN 1 sebagai wujud Cinta, Nasionalisme dan Patriotisme terhadap Ideologi Bangsa NKRI tercinta.
Seremonial Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017
Sekarang yang menjadi pertanyaan mengapa MIN 1 Kok ga libur ya, padahal banyak sekolah2 pada libur/istirahat (Pertanyaan muncul dari para orang tua dll), sehingga kami selaku pribadi pun menuliskan goresan ini.

Perlu diketahui, bahwa kegiatan yang mereka lakukan dengan datang ke sekolah mengikuti Upacara adalah Implementasi dan esensi dari Kurikulum 2013 pada bidang studi PKn yang juga mengajarkan tentang pendidikan karakter di dalamnya, Karena selama ini anak2 cenderung mendengar dan mengetahui bahwa jika ada perayaan/peringatan hari-hari Besar maka sekolah libur/istirahat, kalaupun ada yang ikut upacara itupun hanya beberapa saja (kelas yang ditunjuk) dan tidak bersama-sama, padalah sesungguhnya dalam KONSEP-TEORI yang mereka pelajari di kelas tidaklah seperti demikian.

Hal terkecil jika Guru/Bapak/Ibu orang tua siswa bertanya kepada siswa, APA YANG AKAN KAMU LAKUKAN SEBAGAI SEORANG SISWA DALAM MEMPERINGATI HARI LAHIRNYA PANCASILA ATAU HARI2 PERINGATAN BESAR LAINNYA? (inilah pertanyaan-pertanyaan yang selalu mengelitik dibenak kami pribadi selama mengajar) Survei kami selaku wali kelas selama mengajar Kurikulum 2013/KTSP, terkait materi tersebut kita akan menemukan berbagai jawaban yang variatif dan bermakna positif, seperti: Saya akan mengikuti upacara bendera, saya akan belajar bersungguh-sungguh (termasuk di dalamnya melaksanakan Ujian dan sejenisnya), Saya akan mencontoh sikap pejuang dll. Dan kami tidak pernah sekalipun menemukan ada jawaban siswa yang mengatakan Saya akan libur/istirahat di rumah karena tanggal merah. (Sungguh Ironi namun inilah fakta) yang terjadi hari ini toh (Banyak yang libur karena tanggal merah tapi kalenderku warna hitamji hehehe.. Jika sudah demikian dimana letak pengakuan kita bahwa saya pancasila, saya Indonesia, jika anak2 kita dan kita sendiri sebagai contoh~figur dimata mereka hanya tinggal berdiam~istirahat di rumah tanpa adanya pembuktian dari statement~slogan Hari Lahir Pancasila..!! 

Namun alhamdulliah MIN 1 berkomitmen/sepakat dan mencoba untuk memperkenalkan sejak dini sekaligus menjelaskan kepada semua siswa dan orang tua siswa, bahwa inilah bukti dari semua jawaban positif yang selama ini mereka telah pelajari di kelas, bukan sekadar BERTEORI konsep saja tapi lebih dari itu adalah penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Artinya bahwa dalam situasi tertentu sebuah sekolah/madrasah memang harus inisiatif dan tanggap dalam menentukan/mengambil sikap terkait Hari-hari besar yang ada di Negeri ini. yang penting tidak ada hal-hal negatif, kepentingan pribadi/golongan dan sejenisnya (Ini hanya opini pribadi)
Kami sangat menghargai semua keputusan pemerintah dalam hal apapun termasuk kegiatan Hari Lahir Pancasila ini (1 Juni 2017) dan sekaligus mewujudkannya dalam bentuk kegiatan upacara di Madrasah, sehingga semua siswa kami pun dapat merasakannya, terlibat aktif dan mengambil bagian dalam acara peringatan ini. Save Our Generation in Future.
#Saya_Indonesia, #Saya_Pancasila, dan #NKRI_Harga_Mati
#Selamat_Hari_Lahir_Pancasila_Tahun_2017

Seremonial Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017
Susunan Acara pada peringatan Hari Lahir Pancasila Lingkup MIN 1 Kolaka Utara Sebagai berikut:
1. Protokol: SALSA FADILLAH M (Siswa)
2. Komandan Upacara : MUH. ALIF ALBUHARI (Siswa)
3. Pengibar Bendera: MUH. FADLI, MUH. RAJAB P, NAILAH RAMADHANI (Semua Siswa)
4. Pembaca UUD 1945: ASRI ISMAIL (Siswa)
5. Pembawa Teks Pancasila: BASO AWALUDDIN (Siswa)
6. Inspektur Upacara: Kepala MIN 1 Kolaka Utara. (Sekaligus pembaca Sambutan Presiden RI)
7. Pembaca Surat Kepres: JASMAN, S. Ag.
8. Pembaca Doa: AHMAD BASIR, S. Pd.I
9. Kelompok Penyanyi: Siswa-Siswi kelas 5 ABC (Utusan perkelas) Dirijen (NAKEYSHA)
10. Semua Dewan Guru dan Siswa MIN 1
11. Pemandu Acara: ANSUD, S. Pd, dkk
12. Fotografer: ASRI JAYA STIA, S. Pd

Demikian semoga bermanfaat
(Goresan Tinta Guru Biasa Namun Selalu Ingin Hasil yang Luar Biasa). all's well


Posting Komentar

Printfriendly

 
Top